Jamur Tiram Strain Florida

Sebenarnya nama latin dari jamur tiram putih adalah Pleurotus Ostreatus. Pleurotus artinya tumbuh menyamping, dan ostreatus artinya tiram. Sebenarnya strain pleurotus sendiri ada banyak, seperti pleurotus ostreatus, pleurotus sajor caju, pleurotus eryngii, dll. silahkan lihat: Mengenal Berbagai Jenis Jamur Tiram. Namun yang kita bahas adalah strain pleurotus ostreatus varietas (var) florida, karena strain ini yang paling banyak dibudidayakan di indonesia.

Seperti namanya strain ini berasal dari Florida (negara bagian Amerika Serikat). 

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sendiri sebenarnya sudah berhasil membuat strain sendiri yaitu, strain emas, ratu dan zafira. Silahkan lihat: Jamur Tiram Strain Baru. Strain ini merupakan hasil riset dari Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran, yang dianggap lebih unggul dari strain lokal (?). Namun sayang, strain tersebut masih sulit kita dapatkan.. Oke, kita lanjutkan pembahasan mengenai Jamur tiram strain florida. 

Ciri- ciri jamur tiram strain florida. 
  • Pinhead, batang, dan tubuh buah berwarna putih. 
  • Memiliki banyak cabang. Tangkai tidak berbulu. 
  • Memiliki kadar air yang cukup banyak. 
  • Mampu beradaptasi pada suhu diatas 25'C. 
  • Cocok dibudidayakan di dataran rendah. 
Nama ilmiahnya yaitu pleurotus ostreatus var. Florida. Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah jamur tiram yang sedang kita budidayakan ini termasuk strain apa? Apakah pleurotus ostreatus florida? Anda bingung? Saya juga bingung... hehe, karena tidak ada yang bisa dijadikan rujukan mengenai ini, semuanya masih abu-abu. Namun, dari informasi yang saya dapat bahwa strain dengan ciri-ciri diatas termasuk strain florida, bahkan di luar negeri pun sudah mengenalnya sebagai strain florida. Sehingga, saya anggap bahwa strain yang banyak dibudidayakan di indonesia termasuk strain florida.

Kelebihan strain ini adalah lebih berbobot daripada strain lain, sehingga lebih menguntungkan. 

Batang, 20 Februari 2014 

NB: bagi praktisi/pakar/ahli mikrobiologi, mohon tulisan diatas dikoreksi. Terimakasih.


Artikel Terkait:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha , Car Price in India